Selasa, 23 Februari 2016

12 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

infouwa.com - Penyebab laptop dan PC lemot dan cara mengatasinya, Laptop dan PC merupakan sarana kebutuhan hidup manusia di jaman sekarang ini segala sesuatu maupun pekerjaan, pelajar, mahasiswa, pegawai dan lain sebagainnya sangat membutuhkan sekali benda elektronik yang bernama laptop dan PC karena dengan benda tersebut segala sesuatu bisa di dapatkan.

Kita selaku manusia yang mengikuti perkembangan jaman sangat membutuhkan sekali laptop dan PC karena dengan alat itu kita bisa mencari sumber informasi yang sangat beragam akan tetapi mempunya benda tersebut haruslah mempunyai performa yang kuat dan bagus.

Akan tetapi faktanya seringkali banyak keluhan dari pengguna laptop setelah beberapa tahun laptopnya menjadi lambat dan performanya menurun dari hal tersebut ada beberapa faktor penyebabnya maka dari itu kita akan mengulas beberapa penyebab Laptop menjadi lambat dan cara menanganinya berikut adalah beberapa faktor penyebab lemot.
Cara mengatsi Laptop Lelet

Penyebab Laptop Lambat dan Cara Mengatasinya

1. Aplikasi Startup Running

Terlalu banyak aplikasi berjalan pada saat laptop di nyalakan merupakan penyebab Laptop atau PC kita menjadi Lemot lambat dan lelet karena pada saat kita booting selain membutuhkan Memory untuk sistem operasi aplikasi yang runing juga akan ikut terbuka saat booting dan hal itulah yang membuat laptop kita lama untuk menyala. Cara mengatasinya kita off kan aplikasi yang running saat startup, kita juga bisa menggunakan sofware CC Cleaner untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan saat laptop di nyalakan.

2. Terlalu banyak Menginstal dan uninstal Aplikasi

Terlalu banyak memasang dan mencopot aplikasi juga berdampak buruk bagi performa laptop selain membuat Laptop lambat hal tersebut juga akan berdampak pada hardisk (HDD) yang akan membuat hardisk kita berkurang kecepatan rpm nya atau bahkan HDD menjadi bad. Solusinya usahakan instal aplikasi yang sekiranya perlu saja jangan menginstal aplikasi yang tidak di gunakan.

3. Terinfeksi Virus

Virus juga merupakan penyebab Laptop kita menjadi lambat selain itu virus juga berdampak pada sistem yang akan mengrogoti program - program penting di System32 yang berakibat Laptop berjalan menjadi tidak normal untuk mencegah virus tersebut instalah sofware antivirus pro karena dengan menginstal antivirus kita bisa terhindar dari virus dan kerusakan pada sistem operasi.

4. Terlalu banyak Menginstal Antivirus

Antivirus memang sangat berperan penting pada Laptop kita akan tetapi terlalu banyak menginstal antivirus akan berdampak buruk yaitu PC kita akan menjadi lambat dan bahkan saat startup menjadi lama untuk masuk ke menu home karena hal ini berdampak pada point nomer 2 solusinya instal lah satu antivirus saja jangan berlebihan karena pada dasarnya antivirus kinerja dan kegunaannya sama saja yaitu menyangkal virus yang masuk ke komputer.

5. Colok - Colok Flashdisk sembarangan

Sering memasukan flashdisk secara sembarangan juga sangat buruk bagi kinerja pc kita karena kita juga tidak tau apakah FD tersebut terinfeksi virus atau tidak untuk cara mencegahnya kita bisa lihat di point 4 yaitu dengan menggunakan antivirus Selain itu tips untuk mengcopy data yang aman yaitu dengan menggunakan CD/DVD ROM karena kedua alat penyimpanan tersebut sangat aman dari serangan virus.

6. File System yang Corrupt atau Hilang

File yang hilang dan corrupt juga penyebab utama Laptop/PC menjadi lelet karena dengan adanya kerusakan tersebut kinerja PC kita menjadi tidak optimal bahkan berfungsi secara tidak normal untuk cara mengatasi file corrupt yaitu dengan cara merecovery sistem operasi yang anda pakai atau dengan cara menginstal ulang Laptop anda supaya sistem menjadi lebih fresh.

7. Kurangnnya Memory

Kekurangan Memory juga menjadi salah satu penyebab PC menjadi slow karena aplikasi - aplikasi selalu terupdate sehingga pengkonsumsian memory menjadi meningkat untuk cara mengatasinya kita harus menambah kapasitas memory laptop kita supaya semua apalikasi - aplikasi dapat tertampung.

8. HDD Lemah

Hardisk yang sudah lama atau tua maka kecepatan rpm nya akan berkurang sehingga menyebabkan pc kita menjadi lemot solusinya anda beli HDD yang baru dengan kapasitas yang lebih besar supaya anda dapat menyimpan file lebih banyak lagi.

9. HDD Bad Sector

Selain HDD yang lemah Bad Sector juga menjadi salah satu melemahnya performa pc kita hal ini biasanya di sebabkan seringnnya mematikan laptop secara sembarangan, sebaiknya anda hindari mematikan laptop dengan cara menekan tombol power seharusnya mematika laptop yang benar yaitu dengan cara mengklik start lalu anda pilih shut down solusinya anda repair HDD anda dengan aplikasi gratis cari di google banyak atau untuk lebih aman anda beli HDD yang baru.

10. Overheat

Overheat juga adalah penyebab utama Laptop atau PC menjadi lambat karena dengan overheat laptop kita menjadi panas hingga melebihi batas normal dan akibatnya laptop kita menjadi sering mati mendadak atau merestar dengan sendirinya. Penyebabnya biasanya kipas pendingin pada laptop tidak berfungsi atau sudah melemah dan cara mengatasinya anda ganti kipas pendingin yang baru dan jangan lupa membersihkan laptop anda dari debu serta oleskan pasta ke processor.

11. Jarang Mengupdate Sistem Operasi dan Driver

Jarang mengupdate sistem operasi dan driver juga berdampak kurang baik terhadap laptop anda. Karena dengan kita mengupdate windows kita automatis akan menghilangkan bug bug atau error pada sistem kita sehingga kita terhindar dari error. Updatelah Sistem operasi anda secara berkala untuk menghasilkan hasil yang optimal.

12. Bagian dalam Laptop atau PC Kotor

Kotor juga merupakan salah satu berkurangnnya performa laptop atau PC kita karena hardware tidak bekerja secara maksimal karena terhambat oleh debu - debu yang menempel solusinya bersihkan bagian dalam laptop secara berkala gunakan vacum cleanner khusus laptop atau PC.

Kesimpulan

Rawatlah Laptop anda dengan baik dan pergunakanlah laptop anda untuk sesuatu yang bermanfaat serta hindari penginstalan aplikasi yang tidak digunakan karena menurut kamu hal tersebutlah yang paling berpengaruh pada kinerja laptop kita. serta pergunakan lah laptop anda sebutuhnya aja karena laptop diciptakan untuk mengeksekusi tugas tugas yang ringan saja dan tidak di buat untuk bermain berjam - jam untuk bermain game berat.

Mungkin itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot atau lelet semoga artikel diatas menjadi referensi buat anda dan mudah mudahan anda menjadi lebih waspada lagi dalam merawat laptop anda. Cukup sekian artikel kali ini semoga bermanfaat untuk anda semua, sampai jumpa di artikel berikutnya.

6 komentar:

5 Youtuber Gamer Indonesia

  1. Ria Ricis Channel Youtube Ria Ricis merupakan channel Youtube dengan subscriber terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 28,7 juta subscr...